4 Kaisar Jepang yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

PIN 4 Kaisar Jepang yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

4 Kaisar Jepang yang Paling Terkenal – Jepang adalah salah satu dari beberapa negara yang memegang prinsip sebagai negara kekaisaran hingga saat ini. Dalam kekaisarannya, Jepang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dengan berbagai kendala yang dialami dan beragam masalah yang timbul dalam upaya mempertahankan status kaisar, karena pada zaman dahulu saat klan Tokugawa memimpin, kaisar hanya sebagai sebuah simbol dan sempat dilupakan. Akan tetapi kekuasaan Kaisar berhasil direbut kembali pada masa Meiji. Oleh karena itu, seorang kaisar sangatlah dihormati di Negeri Matahari Terbit ini bahkan dianggap setengah dewa oleh para masyarakatnya. Kira-kira Siapakah Kaisar Jepang Yang paling Terkenal Sepanjang Sejarah? Di bawah ini adalah kisah mereka.

4 Kaisar Jepang yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

4 Kaisar Jepang yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Kaisar Jimmu

Kaisar Jimmu

Kaisar Jimmu (711 SM – 585 SM) adalah Kaisar Pertama Jepang jika menurut pada legenda yang ada. Dia berhasil naik tahta pada tahun 660 SM. Menurut mitologi Jepang, ia merupakan keturunan dari Matahari Amaterasu, melalui cucunya Ninigi, serta keturunan dari Dewa Badai Susanoo. Dia menangkap suku asli Jepang (Yamato) dengan meluncurkan sebuah ekspedisi militer dari daerah Hyuga yang terletak dekat Laut Pedalaman dan menjadikan daerah yang berhasil direbut itu sebagai pusat kekuasaan dirinya. Saat ini, hari dimana Jimmu naik tahta dijadikan sebagai Hari Fondasi Nasional tepatnya tanggal 11 Februari.

Kaisar Meiji

Kaisar Meiji (3 November 1852 – 30 Juli 1912) atau yang dikenal juga sebagai The Great Meiji, merupakan seorang Kaisar Jepang yang ke-122 Jepang dan mulai memerintah pada 3 Februari 1867 sampai beliau mangkat pada 30 Juli 1912. Beliau terkenal akan jasanya yang berhasil merebut kembali kekuasaan dari para samurai dan pemimpin klan Tokugawa. Dirinya juga merubah Jepang yang terisolasi menjadi negara kapitalis dan kekaisaran modern. Keberhasilan revolusi industri di Jepang juga terjadi pada masa kepemimpinannya.

Kaisar Hirohito

Kaisar Hirohito

Kaisar Hirohito adalah kaisar ke-124 Jepang dan memerintah dari tahun 1926 hingga 1989. Dia mengubah Jepang menjadi ultra nasionalisme dan milterisme saat kondisi sentimen demokrasi terjadi. Selama masa perang dunia kedua, Jepang melakukan invasi ke hampir seluruh tetangganya di Asia dan bersekutu dengan Jerman dibawah kekuasaan Hitler. Jepang melakukan serangan mendadak ke pangkalan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor. Para sejarawan yakin bahwa Hirohito memainkan peran penting dalam perang, meskipun dari pengakuannya ia menggambarkan dirinya sebagai seorang raja yang tak memiliki kendali. Setelah penyerahan diri Jepang yang terjadi di tahun 1945, ia dijadikan sebagai boneka politik tanpa kekuatan. Dia juga berhasil lepas dari dakwaan penjahat perang kareng dianggap tidak bersalah.

Kaisar Akihito

Kaisar Akihito

Akihito menjadi kaisar ke-125 Jepang tahun 1990 dan dianggap sebagai 4 Kaisar Jepang yang Paling Terkenal. Ia resmi ditunjuk sebagai pewaris tahta kerajaan Jepang pada tahun 1952, Kaisar Akihito merupakan kaisar pertama yang menikah dengan rakyat biasa. Ia menjadi tenar berkat gerakan kemanusiaan yang dilakukan setelah naik tahta. Bersama dengan sang permaisuri Michiko, dirinya berkelilingi ke negara-negara Asia yang menjadi bekas jajahan Negara Sakura tersebut dan melakukan permintaan maaf atas generasi sebelumnya. Ia juga terkenal karena tindakannya yang turun tahta sebelum tutup usia, berbeda dengan pemegang tampuk kekuasaan sebelumnya yang turun tahta setelah meninggal dunia.